Tokopedia Dikabarkan Bakal Diakuisisi Raksasa E-Commerce Tiongkok

Persaingan e-commerce di Tanah Air saat ini sudah semakin ketat, dimana salah satu e-commerce terbesar di Indonesia adalah Tokopedia. Bahkan e-commerce yang identik dengan warna hijau dan karakter burung hantu ini masuk ke dalam jejeran startup unicorn se-Asia Tenggara.

Namun belakangan ini beredar kabar mengenai raksasa e-commerce asal Negeri Tirai Bambu yang hendak mengakuisisi saham mayoritas Tokopedia. (kredit: Medium.com) Seperti yang dilaporkan Tekno Kompas, (7/8/2017), raksasa e-commerce JD (JD.com) kepincut dengan saham mayoritas Tokopedia.

Meski kabar ini sudah muncul sejak bulan Mei lalu, namun hingga saat ini baik Tokopedia maupun JD belum ada yang memberikan kejelasan atas beredarnya rumor ini.

Tak hanya JD saja yang kepincut dengan Tokopedia, rivalnya dari negara yang sama, yakni Alibaba juga dikabarkan pernah berencana untuk mengakuisisi Tokopedia dengan nominal yang cukup besar, yakni US$ 500 juta atau sekitar Rp 6,6 triliun. Namun kabar tersebut juga tidak ada kejelasannya hingga kini. Persaingan duo e-commerce asal Tiongkok tersebut tampaknya tidak hanya terjadi di negara asalnya saja, namun akan berlaku di Tanah Air juga. Seperti yang kita ketahui, Alibaba telah mengakuisisi Lazada yang merupakan e-commerce terkemuka di Indonesia. Dengan begitu, sangat masuk akal jika JD hendak mengakuisisi Tokopedia untuk menjadi amunisinya agar mampu bersaing dengan Alibaba di Indonesia.

Di luar rencana akuisisi tersebut, JD telah beroperasi di Indonesia sejak akhir tahun 2015 lalu dengan domain JD.id. Sementara Alibaba hanya mengandalkan Lazada untuk menjalankan bisnisnya di Indonesia.

Sumber : detik.com