Pembangunan Jargas dan Sosialisasi Pekerjaan Banyuasin Dimulai, Masyarakat Dapat Pemasangan dan Kompor Gratis

BANYUASIN, clicksumsel.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melakukan Serah Terima Lapangan Pembangunan Jaringan Gas (Jargas) dan Sosialisasi Pelaksanaan Pekerjaan Pembangunan Jaringan untuk Rumah Tangga di Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin, Senin (29/03/2021).

Bupati Banyuasin Askolani mengatakan pembangunan Jargas ini sebagai upaya meningkatkan pembangunan untuk masyarakat di bumi sedulang setudung. Banyuasin mendapatkan bantuan pemasangan gratis jaringan gas bumi untuk rumah tangga sebanyak 6.889 sambungan rumah (SR) di Kecamatan Banyuasin III, yang tersebar di 6 (enam) Desa/Kelurahan yaitu Kelurahan Seterio, Kelurahan Kedondong Raye, Kelurahan Pangkalan Balai, Kelurahan Mulia Agung, Desa Tanjung Kepayang dan Desa Kayuara Kuning.

Selain itu untuk mendukung pembangunan jaringan gas bumi untuk rumah tangga tersebut, juga akan dibangun Regulation Sektor (RS) dan Metering and Regulating Station (MRS) di 10 (sepuluh) lokasi yaitu Kantor Camat Banyuasin III, Kantor Lurah Pangkalan Balai, Kantor Lurah Kedodong Raye, Masjid Al-Falah Kedondong Raye, Kantor Lurah Seterio, Kantor Desa Kayuara Kuning, Kantor Lurah Mulia Agung, Kantor Desa Pangkalan Panji, Masjid Darul Hikmah Desa Langkan dan TPU Pulau Suren Kelurahan Mulia Agung, sedangkan untuk Presure Reducing Sistem (PRS) akan dibangun dilokasi TPU Pulau Suren Kelurahan Mulia Agung.

“Perlu saya informasikan, bahwa hari Rabu tanggal 24 Maret 2021 bertempat di ruang rapat Bupati Banyuasin, kami telah melakukan koordinasi awal antara Pemerintah Kabupaten Banyuasin dengan Pejabat Pembuat Komitmen Jargas Untuk Rumah Tangga Paket 6, Direktorat l Jendral Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Republik Indonesia Terkait dengan akan dimulainya pembangunan jaringan gas bumi untuk rumah tangga di Kabupaten Banyuasin tahun anggaran 2021,”katanya.

Sosialisasi yang dilakukan hari ini, bertujuan untuk menyampaikan informasi dan memberikan edukasi guna menambah wawasan serta mendukung pembangunan jaringan Gas bumi untuk rumah tangga di Kabupaten Banyuasin khususnya masyarakat di Kecamatan Banyuasin III.

“Saya berharap melalui momentum ini, para peserta sosialisasi dapat memahami serta mendukung proses pelaksanaan pembangunan jaringan gas bumi untuk rumah tangga, selain itu saya mengajak kepada para peserta, agar ikut berperan aktif menyampaikan informasi kepada warga dan masyarakat lainnya. Masyarakat mendapatkan Kompor Gratis beserta dua tungku dan pemasangan tidak dipungut biaya“ujarnya.

Tentang manfaat dari pembangunan jaringan gas bumi untuk rumah tangga ini yaitu lebih hemat, efisien dan ramah lingkungan. Mari kita bantu kontraktor pelaksana dengan menjaga kemanan peralatan kerja mereka dan galian yang ditimbulkan dalam pembangunan dimaksud. Pembangunan jaringan gas bumi untuk rumah tangga yang saat ini akan dilakukan, diperuntukkan khusus keperluan rumah tangga, tidak diperuntukkan untuk usaha seperti rumah makan, industri dan sejenis lainnya.

“Sekali lagi disampaikan bahwa pemasangan ini dilakukan secara gratis namun untuk pembayaran atas pemakaian gas bumi tersebut setiap bulan dilakukan oleh masyarakat yang memperoleh layanan Sebelum menutup sambutan ini, saya perlu tegaskan kembali, beberapa hal yang memerlukan perhatian Camat dan Lurah serta Kepala Desa yang wilayahnya mendapatkan pembangunan Jaringan Gas Bumi untuk Rumah Tangga, agar berusaha semaksimal mungkin untuk mendukung dan membantu kelancaran program tersebut dengan mensosialisasikan kepada warganya, mudahan-mudahan program dapat membawa dampak yang positif dan bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Banyuasin, Khusunya masyarakat di Kecamatan Banyuasin III,”jelasnya.

Sementara Perwakilan Pimpinan Ditjen Kementrian ESDM RI Wahyudi Akbar mengatakan pembangunan Jargas di Kabupaten Banyuasin ini sudah tertunda selama 2 tahun yang di karenakan telah terjadi recofusing akibat dampak Covid-19 dana pembangunan digunakan dengan tuujuan pembagunan memberikan akses energi ke masyarakat, memberikan dampak positif penghematan ekonomi, membatu ekonomi masyarakat dan mengurangi beban subsidi LPJ di Masyarakat.

“Kami mengharapkan pemerintah dan masyarakat Kabupaten Banyuasin untuk mendukung program pembangunan Jaringan Gas Bumi ini dan dalam pembangunan tidak ada beban bayaran dalam pemasangan di masyarakat jika ada pihak yang meminta bayaran dalam pembangunan silakan laporkan kepada kami,”katanya.

Laporan : evi farlina