Menpora RI : “Muba Panutan Wisata Olahraga Nasional”

Sekayu, – Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) sangat layak untuk dijadikan percontohan tempat wisata olahraga nasional, ini dikarenakan Muba memiliki fasilitas olahraga skala internasional, namun,untuk mewujudkan itu semua, fasilitas yang ada harus di tingkatkan serta dirawat dengan baik secara profesional.

“Fasilitas olahraga dan potensi atlit di Muba ini kami perhatikan sangat layak jadi percontohan tempat wisata olahraga nasional yang memiliki fasilitas berskala internasional. Tapi fasilitas yang sudah ada harus terus ditingkatkan dan dirawat,” ujar Menpora RI Imam Nahrawi kepada awak media saat Opening Ceremony Turnamen Gala Desa 2017 Kemenpora RI di Stable Berkuda, Rabu (19/7).

Ia mengatakan, untuk mewujudkan hal itu, pihak Kemenpora RI akan memfasilitasi Kabupaten Muba agar terus menambah dan meningkatkan fasilitas olahraga yang telah ada, agar kedepan, para atlit yang akan berlaga di Asian Games 2018 nanti dapat memanfaatkan fasilitas tersebut.

“Mungkin bisa juga nanti saat jelang Asian Games 2018, atlit-atlit nantinya akan memanfaatkan fasilitas olahraga yang ada di Muba untuk berlatih,” kata Imam.

Lanjutnya, melihat standar fasilitas olahraga, Muba sangat layak untuk menjadi partner Provinsi Sumsel dan Kota Palembang dalam menyukseskan Asian Games 2018, peran pro aktif Muba sangat diperlukan guna mensukseskan dan mempersiapkan perhelatan akbat tersebut.

“Standar fasilitas olahraga di Muba ini sudah sangat layak untuk di pertandingan tingkat internasional, oleh sebab itu kami Muba nantinya juga bisa pro aktif menyukseskan dan mempersiapkan perhelatan Asian Games 2018,” terangnya.

Ia meminta Pemkab Muba dan stakeholder lainnya untuk konsisten memasyarakatkan olahraga di Kabupaten Muba, tidak hanya itu, pendidikan yang terarah sangat diperlukan untuk memaksimalkan potensi atlit muda yang berada di Muba.

“Peran Pemkab dan stakeholder sangat diperlukan dalam memasyarakatkan olahraga Serta terus berupaya mendidik potensi atlit muda berbakat di Kabupaten Muba yang dimulai dari Desa-Desa.” Ujarnya.

Bupati Muba, Dodi Reza Alex menyebutkan Kabupaten Muba sudah sejak dahulu konsisten dengan olahraga dan berhasil menjadi tuan rumah yang baik pada pelaksanaan PON ke-XIV 2004 lalu.

“Selain itu, di Muba sangat banyak suplai atlit untuk bertanding baik tingkat nasional maupun internasional,” Jelasnya.

Dodi menambahkan, Kabupaten Muba juga memiliki pusat pendidikan olahraga dan sudah banyak menyabet banyak prestasi.

“Dukungan dari Kemenpora RI untuk menjadikan Muba sebagai tempat wisata olahraga berskala internasional akan terus memotivasi kami untuk terus meningkatkan fasilitas olahraga,” tukasnya.

Diketahui, pelaksanaan Turnamen Gala Desa ini diikuti pelajar dan masyarakat dari 218 Desa di Muba yang digelar hingga 5 September mendatang dan ini merupakan rangkaian dari peringatan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) 2017. Pada kegiatan pembukaan atau opening ceremony Turnamen Gala Desa 2017 Kemenpora RI tersebut juga dihadiri Plt Sekda Pemprov Sumsel Joko Imam Sentosa, Kadispora Pemprov Sumsel Akhmad Yusuf Wibowo, Ketua dan Anggota DPRD Muba unsur FKPD dan Kepala SKPD Pemkab Muba.

Adapun pertandingan yang diikuti pada pelaksanaan Turnamen Gala Desa 2017 Kemenpora RI ini diantaranya yakni Atletik di Desa Epil Kecamatan Lais, Bulu Tangkis di Kelurahan Babat Kecamatan Babat Toman, Tenis Meja di Karya Maju Kecamatan Keluang, Bola Voli di Bero Jaya Timur Kecamatan Tungkal Jaya, Sepak Takraw di Serasan Jaya Kecamatan Sekayu, dan Sepak Bola di C2 Berlian Makmur Sungai Lilin.

Laporan : CR1