Pandemi Covid 19, Medco E&P Melaksanakan Pelatihan Untuk Guru Dan Kepala Sekolah

Clicksumsel.com – Pembelajaran di Indonesia berubah secara tiba-tiba melalui online akibat pandemi COVID-19. Berbagai tantangan harus dihadapi para guru dan siswa. Oleh karena itu, PT Medco E&P Indonesia (Medco E&P) Blok Lematang turut membantu agar proses belajar mengajar terus berjalan dengan optimal melalui pelaksanaan Pelatihan dan Pendampingan Peningkatan Kapasitas Guru dan Kepala Sekolah dalam Pembelajaran Jarak Jauh selama satu bulan.

Kegiatan pelatihan tersebut dilaksanakan secara online pada Selasa (27/10/2020), menghadirkan nara sumber Tim School of Universe yang dipimpin Lendo Novo, penggagas konsep sekolah alam yang sekolahnya sudah banyak berdiri di Indonesia dan luar negeri.

Kegiatan pelatihan ini melibatkan para guru dan kepala sekolah dari 22 sekolah dasar yang masuk Koordinator Wilayah Dinas Pendidikan Gunung Megang, Sumatera Selatan.

Pelatihan dilaksanakan empat seri selama satu bulan, bertujuan untuk memberikan pemahaman pada guru dan kepala sekolah mengenai metedologi, konsep, dan esensi PJJ. Pelatihan dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.

Mereka mendapatkan pembekalan dalam penyiapan modul pembelajaran jarak jauh. Selain pelatihan, mereka juga mendapatkan pendampingan secara online dari Tim ini selama dua bulan. Selain para guru dan murid, orang tua murid juga akan mendapatkan pembekalan sehingga dapat mendampingi anaknya sesuai konsep belajar menyenangkan dan kreatif.

Menurut Lendo Novo, konsep pembelajaran daring tidak hanya dengan menerapkan pembelajaran menggunakan teknologi internet saja. Pembelajaran daring harus menjadi kegiatan yang menyenangkan dan menstimulasi bakat dan kreatifitas. Untuk itu harus direncanakan dengan mempertimbangkan lingkungan murid dan masyarakatnya.

“Tidak cukup guru di kelas saja, manajemen sekolah juga beradaptasi dan memerlukan keterlibatan orang tua sebagai fasilitator utama anak. Metode penyampaian kurikulum dalam pembelajaran jarak jauh akan sangat disesuaikan dengan kondisi lingkungan murid,” ujarnya.

VP Relation & Security PT Medco E&P Indonesia Drajat Panjawi berharap program ini dapat benar-benar meningkatkan kapasitas guru sehingga proses belajar mengajar di sekolah-sekolah para guru tersebut berjalan dengan baik dan optimal.

“Kami berkomitmen akan terus membantu masyarakat dari berbagai aspek dalam menghadapi dampak Pandemi COVID-19 ini,” ujar Drajat Panjawi. (rel)