HUT Banyuasin Ke-19, Bupati Banyuasin Sampaikan Pencapaian dan Program-program Unggulan

BANYUASIN, clicksumsel.com – Memasuki Usia HUT Banyuasin Ke-19, Bupati Banyuasin Sampaikan Pencapaian dan Program-program Unggulan Banyuasin yang ke-19 Tahun, Bupati Banyuasin Askolani menyampaikan beberapa program-program unggulan dan gerakan bersama masyarakat serta pencapaian yang sudah di dapat Kabupaten Banyuasin dalam beberapa tagih terkahir.

“Alhamdulillah dalam 2 masa kepemimpinan kami, Kabupaten Banyuasin telah memperoleh beberapa penghargaan,”ujar Askolani usai menggelar Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Banyuasin Ke-19 di Lapangan Upacara Pemkab Banyuasin, Jum’at (09/04/2021).

Penghargaan tersebut diantara sebagai Juara IV Nasional Produksi Beras dan Juara 1 di Sumatera Selatan. Kemudian program Dukcapil berucap Jam Kunci mendapatkan Juara Pertama Nasional Kategori Dukcapil Bisa dan Inovatif Goverment.

“Selain itu, angka kemiskinan Banyuasin turun dan tingkat kesejahteraan masyarakat naik, angka pengangguran turun Itulah salah satu bukti keberhasilan dalam pembangunan sebuah daerah. Walaupun kenaikannya belum Signifikan tapi alhamdulillah kita naik ini suatu prestasi yang luar biasa sebagai hadiah ulang tahun masyarakat Kabupaten Banyuasin,”jelasnya.

Dikatakan Askolani, Banyuasin memiliki potensi Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya Alam yang tinggi, hingga dapat berdaya saing dengan daerah lain. Oleh sebab itu semua harus dimanfaatkan secara optimal dan bijaksana, Apalagi saat ini di Kabupaten Banyuasin akan dibangun Pelabuhan Internasional.

Lanjut Askolani, pihaknya terus mewujudkan Kabupaten Banyuasin Bangkit Adil dan Sejahtera dengan Program-program andalan yang terdiri dari 7 program prioritas yakni Infarstruktur Bagus, Banyuasin Prima, Banyuasin Cerdas, Banyuasin Sehat, Petani Bangkit, Pemerintah Terbuka dan Banyuasin Religius.

Kemudian ditambah lagi dengan 12 Gerakan Bersama Masyarakat yaitu Si Manis (Gerakan Siswa Gemar Membaca dan Menulis), Begesah (Gerakan Masyarakat Sadar Hidup Sehat), Gerbang Keren dan Rindu (Gerakan Keluarga Berencana dan Revitalisasi Posyandu), Gema (Gerakan Menuntut Amal), Gertas (Gerakan Tanam Sayur), Pro Rakyat (Program Optimalisasi Rumah Masyarakat) dan GPS (Gerakan Peduli Sampah).

Kemudian Gerbang Tobatu (Gerakan Pengembangan Tanaman Obat – Obatan, Rempah-Rempah dan Umbi, Pulawan Bueh (Kampung Buah), Gemar Tugas (Gerakan Memelihara Ternak dan Unggas), Gerbang Perak (Gerakan Pengembangan Perikanan Rakyat) dan Gorong (Gotong-Royong).

“Oleh sebab itu kami perintahkan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah, Camat Lurah/Kepala Desa agar menghimbau kepada masyarakat untuk membumingkan 7 Program Prioritas dan 12 Gerakan bersama masyarakat,”tandasnya.

Laporan : evi farlina