Covid-19 Bisa Ganggu Rencana Pembangunan Di Tahun 2021

Banyuasin,  clicksumsel.com – Bupati Banyuasin H Askolani berharap wabah Corona Virus Disease (Covid-19) yang melanda negeri khususnya Kabupaten segera berakhir. Karena hal ini dapat menganggu program pencernaan daerah yang telah direncanakan.

“Insya allah sama-sama berdoa, Covid-19 tidak begitu lama, kalau tidak lama semua program yang kita rencanakan di Musrenbang tidak terganggu,”ujarnya usai kegiatan musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD), Rabu (22/04/2020).

Dijelaskan Askolani, untuk musibah Covid-19 dalam kurun waktu beberapa bulan ini saja berdampak besar terhadap bidang ekonomi, sosial dan budaya di Kabupaten Banyuasin, hal tersebut pastinya membutuhkan perhatian serius agar bisa diperbaiki.

Jika wabah Covid-19 masih panjang, Sambung Akolani, tentunya akan punya pengaruh besar terhadap rencana pembangunan di 2021, Karena jelas di tahun 2020 sudah dapat perintah dalam kementrian dalam negeri, Kementerian keuangan, Kementerian desa dan kementerian lainnya ada yang namanya refocusing anggaran secara besar-besaran.

“Jadi anggaran rencana pembangunan dilakukan pemotongan sebesar 50 % dari rencana kita di Musrenbang sebelumnya, artinya sudah ada gangguan di 2020 terkait rencana pembangunan Kabupaten Banyuasin,”jelasnya.

Askolani berharap Mudah-mudahan Covid-19 tidak begitu lama, jadi di APBD perubahan nanti untuk tahun 2020 ini akan segera kita lakukan pemulihan dari rencana awal dengan adanya gangguan ini.

“Kalau Covid bulan mei juni selesai, Insya Allah 2021 rencana-rencana yang kita siapkan tadi akan berjalan sesuai dengan apa yang kita harapkan,”pungkasnya.

Laporan : evi farlina